Pengembangan Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi BPSDM Provinsi Sumatera Barat

By: admin BPSDM 1 bulan yang lalu 120 ...

Meski menjadi tempat karantina pasien Covid-19, BPSDM Provinsi Sumatera Barat tetap melaksanakan fungsi dan peran dalam peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelaksanaan sertifikasi kompetensi ASN. Tidak hanya secara luring, pelatihan dan sertifikasi kompetensi tersebut juga diadakan secara daring/virtual.

 “Hal ini dilakukan untuk menyikapi kondisi pandemi Covid-19 yang diikuti dengan kebijakan physical distancing dan pembatasan pergerakan manusia dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. BPSDM Sumbar telah menerapkan e-learning pada aktivitas pelatihan dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi yang tersedia di internet. Termasuk memanfaatkan aplikasi di smartphone sehingga proses pembelajaran tetap berjalan,” ungkap Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Jefrinal Arifin, SH, M.Si.

Beberapa pelatihan yang dilaksanakan antara lain Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan Pola 1 Kontribusi Bagi Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sumbar yang berlangsung pada 2 Maret sampai 18 Juni 2020 dan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan II Kota Pariaman Pola Fasilitasi pada 12 Oktober sampai 14 Desember 2020.

Kemudian, Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan II Kota Pariaman Pola Fasilitasi pada 27 Februari sampai 5 Mei 2020. Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan IV Kota Pariaman Pola Fasilitasi pada 24 September sampai 28 November 2020. Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan V Kota Pariaman Pola Fasilitasi pada 13 Oktober sampai 16 Desember 2020, diadakan di BPSDM Provinsi Sumatera Barat secara virtual. Serta Pelatihan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah menggunakan metode blandet learning yang telah dilaksanakan sebanyak 2 angkatan pada tanggal 28 Februari s/d 13 Maret 2020 dan 3 s/d 8 Desember 2020.

Jika dijumlahkan, maka jumlah ASN yang telah mengikuti pengembangan kompetensi di BPSDM Sumbar baik melalui Pelatihan Dasar, Pelatihan Kepemimpinan Administrator/Pengawas, dan Pelatihan Teknis dan Pelatihan Fungsional dari tahun 2019 s/d 2020 ini mencapai 4.000 orang.

Mengenai sertifikasi kompetensi, BPSDM Sumbar telah melaksanakan 2 kali Ujian Sertifikasi Kompetensi Tingkat Dasar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Selain itu, dalam rangka pemenuhan kebutuhan Jabatan Fungsional Pengadaan Barang/Jasa (PBJ), BPSDM Sumbar juga menyelenggarakan Ujian Impassing bagi Jabatan Fungsional PBJ se-Sumatera Barat. Seluruh ujian tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer BPSDM Sumbar dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.   

Tidak hanya itu, BPSDM Sumbar juga membekali kompetensi anggota DPRD dari beberapa Kabupaten/Kota seperti Kabupaten Agam, Dharmasraya, Limapuluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kota Pariaman dan Kota Sawahlunto.

“Kegiatan tersebut rentang bulan Juli sampai Desember 2020. Diselenggarakan atas kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Sumatera Barat yang bertempat di Hotel Kota Padang dan Kota Bukittinggi,” ujar Jefrinal Arifin.

.

Menu Website

Social Links