Pembukaan Diklat Teknis Perpustakaan

By: admin BPSDM 15 Februari 2021 18:12:56 WIB 81 ...

Pembukaan Diklat Teknis Perpustakaan dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2021. Dalam laporannya Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat Dr.H.Jefrinal Arifin, SH.M.Si menyampaikan bahwa Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar keterampilan dalam mengelola unit perpustakaan, dokumentasi dan informasi. Peserta Diklat Teknis Perpustakaan berjumlah 30 orang terdiri dari pengelola Perpustakaan Sekolah SMA/SMK dan Perpustakaan Khusus OPD. Diklat ini dilaksanakan secara Bleanded Learning, pada tanggal 9-11 Februari 2021 secara e-learning dan tanggal 15-18 Februari 2021 secara Klasikal/tatap muka.

Adapun Narasumber Kegiatan Diklat Perpustakaan ini antara lain : Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Widyaiswara Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI, Perguruan Tinggi UIN Imam Bonjol Padang, Kadis. Perpustakaan Kota Padang Panjang, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dan Widyaiswara serta Pejabat BPSDM Prov Sumatera Barat.

Acara Pembukaan Diklat Teknis Perpustakaan ini dibuka oleh Plh Gubernur Sumatera Barat Drs.H.Alwis, beliau pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat selama 10 tahun. Dalam sambutannya Plh Gubernur mengatakan bahwa tugas sebagai pengelola perpustakaan ini memang sangat berat karena banyak hal yang perlu dibenahi mulai dari sarana, prasarana, sdm pengelola perpustakaan, ditambah lagi dengan minimnya dana yang diperuntukkan bagi pengembangan perpustakaan, namun beliau tetap berusaha memajukan perpustakaan dengan dana yang ada. Salah satu contoh dalam hal mengikuti lomba perpustakaan secara nasional melibatkan kabupaten/kota untuk menjadi yang terbaik, sehingga pada tahun 2018 Sumatera Barat maju dengan slogan “Sumbar Membaca” dan mengikuti lomba perpustakaan nagari berhasil mendapat Juara I Tingkat Nasional dari Kabupaten Solok. Untuk itu beliau meminta kepada seluruh peserta Diklat Perpustakaan untuk mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh, sehingga diharapkan selesai pelatihan, peserta dapat melaksanakan tugas sebagai pengelola perpustakaan sekolah dan perpustakaan khusus dengan baik. Karena dengan adanya perpustakaan dan pelayanan perpustakaan yang baik berarti ikut serta dalam mencerdaskan masyarakat dan membangun bangsa dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber ilmu.

.

Menu Website

Social Links