KEPENGURUSAN DPD APWI SUMBAR DIKUKUHKAN

By: admin BPSDM 18 Maret 2021 15:41:37 WIB 100 ...

Ketua Umum DPP Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI) DR. Boediarso Teguh Widodo, ME melantik dan mengukuhkan kepengurusan DPD APWI Provinsi Sumatera Barat periode 2021-2025 bertempat di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat  Ny. Hj. Harneli Mahyeldi, Direktur IPDN Bukittinggi DR. Tun Huseno, para kepala OPD dan lembaga pelatihan pemerintah yang ada di Sumatera Barat serta tamu undangan lainnya.

Kepengurusan ini dipimpin oleh Ketua DR. Herita Dewi, MM dengan 95 orang anggota yang tersebar pada 10 (sepuluh) Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat dan Daerah  yang ada di Sumatera Barat. Kesepuluh lembaga pelatihan tersebut adalah Badan pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Sumbar,  Balai Kesehatan Olahraga dan Pelayanan Kesehatan Prov. Sumbar, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Prov. Sumbar, Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi Prov. Sumbar, Latihan dan Pengembangan BKKBN Perwakilan Sumbar, Balai Diklat Keagamaan Padang (Kemenag), Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bukittinggi (Kemendagri), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Padang, Balai Besar Pendidikan dan Latihan Kesejahteraan Sosial Regional I Sumatera (Kemensos),  dan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Sawahlunto (Kemen ESDM).

Dalam sambutannya setelah pelantikan, Ketua Umum DPP APWI DR. Boediarso yang juga merupakan mantan Dirjen pada Kementerian Keuangan ini menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan proses perubahan peraturan perundangan terkait dengan fungsi dan peran Widyaiswara dalam upaya meningkatkan kinerja dan profesionalitas Widyaiswara dalam melaksanakan tugasnya di bidang pendidikan, pengajaran dan pelatihan (dikjartih) baik bagi ASN maupun non ASN. Selanjutnya Boediarso menyampaikan bahwa dengan terbentuknya APWI sebagai wadah berbadan hukum yang menaungi Widyaiswara di seluruh Indonesia maka akan dapat meningkatkan peran strategis Widyaiswara dalam peningkatan sumber daya manusia baik aparatur maupun non aparatur.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat DR. H. Jefrinal Arifin, SH, M.Si menegaskan bahwa sebagai wadah yang merupakan amanat dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), maka APWI mempunyai peran penting dalam upaya mewujudkan sasaran nasional Reformasi Birokrasi yaitu Aparatur Sipil Negara yang berkelas dunia atau World Class Bureacracy pada tahun 2025. Dengan wadah ini diharapkan para widyaiswara dapat saling asah, saling asih dan saling asuh dalam upaya meningkatkan integritas dan profesionalisme sebagai gurunya para aparatur. Wadah ini juga memungkinkan para widyaiswara untuk berperan lebih luas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal ini senada dengan statement Ketua DPD APWI Provinsi Sumatera Barat Herita Dewi ketika ditemui seusai pelantikan. Ia menyatakan bahwa untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara yang berdaya saing global peran Widyaiswara yang sangat strategis dalam mewujudkan Agile Bureaucracy.  Untuk itu para Widyaiswara sebagai gurunya birokrasi tidak hanya mempunyai peran dan tugas dalam Dikjartih, evaluasi dan pengembangan pelatihan tetapi jauh dari itu untuk membangun rebranding profesionalitas widyaiswara. Kehadiran Ketua TP-PKK dan Direktur IPDN dalam pelantikan tadi membuktikan bahwa DPD APWI Prov. Sumbar siap bekerjasama dengan seluruh stakeholders komponen bangsa di Sumatera Barat dalam mewujudkan visi dan misi Pemprov Sumbar saat ini yaitu Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan. Sumber daya manusia yang ada di APWI Sumbar yang terdiri dari para praktisi pelatihan dalam berbagai bidang displin ilmu terapan sangat siap untuk menjawab berbagai tantangan perubahan di era digital itu, pungkasnya.

.

Menu Website

Social Links