Visitasi Tim Akreditasi Penanggulangan Bencana

By: admin BPSDM 1 bulan yang lalu 38 ...

Kedatangan Tim Visitasi dilaksanakan dalam rangkaian proses akreditasi diklat teknis Penanggulangan Bencana pada hari selasa dan rabu tanggal 1-2 September 2021, bertujuan untuk melakukan klarifikasi, verifikasi, validasi & menggali informasi terhadap data/dokumen yang telah disampaikan lembaga penyelenggara. BPSDM Provinsi Sumatera Barat sebagai Lembaga Pelatihan dan Pendidikan telah melaksanakan Diklat Kepemimpinan, Diklat Teknis dan Diklat Fungsional, salah satunya Diklat Teknis Manajemen Bencana.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana paling tidak mencatat ada beberapa jenis bencana alam yang terjadi di Indonesia yaitu: letusan gunung berapi, angin topan, tanah longsor, kekeringan, kebakaran hutan/lahan, hama penyakit tanaman, epidemi, wabah, kejadian luar biasa dan kejadian antariksa/benda- benda angkasa. Bahkan tercatat bahwa sejak  tahun  2008, telah  terjadi 15.797   bencana  di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Bencana yang terjadi antara lain adalah banjir, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran hutan, letusan gunung api serta gelombang pasang dan abrasi dan saat ini juga tengah melanda dunia termasuk bencana wabah Virus Covid-19. Sumatera Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak titik rawan bencana. Pentingnya pemahaman mengenai manajemen bencana akan menjadi landasan atau dasar dalam mengembangkan intervensi pengurangan resiko bencana dalam penanggulangan bencana. Untuk itu perlu diberikan Pendidikan dan pelatihan bagi aparatur untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran, kemampuan dan kesiap siagaan dalam menghadapi bencana.

BPSDM Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan Diklat Teknis Dasar Manajemen Bencana bagi aparatur dilingkungan pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2018, dan pada tahun 2020 juga telah direncanakan untuk melaksanakan Diklat Teknis Manajemen Bencana Lanjutan, namun karena terjadinya Wabah Covid-19 pemerintah melarang untuk melaksanakan kegiatan berkumpul dalam jumlah yang banyak pada suatu tempat termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kegiatan pelatihan secara klasikal, maka kegiatan Diklat Teknis Manajemen Bencana ini batal dilaksanakan, anggarannya pun dialihkan untuk pembiayaan penanggulangan Wabah Covid-19. Namun BPSDM Prov. Sumatera Barat tidak patah semangat dalam memberikan pengetahuan tentang penanganan bencana bagi aparatur. Pada tanggal 27 Agustus 2021 BPSDM Provinsi Sumatera Barat digawangi Bidang PKT melaksanakan Webinar tentang “Arah Kebijakan Provinsi Sumatera Barat dalam penanggulangan bencana dimasa pandemi Covid-19” dengan narasumber Kepala Pusdiklat BNPB Berton SP Panjaitan, Ka.BPSDM Sumbar DR.H.jefrinal Arifin,SH,M.Si, Kabid. Kedaruratan dan Logistik BPBD Prov. Sumatera Barat Rumainur, SE, dan Widyaiswara BPSDM Prov. Sumatera Barat Dr.Ir.Maihalfri, MT dan Eliyusman, SH.MM.

Pada awal tahun 2021, BPSDM Prov. Sumatera Barat mencoba melaksanakan kegiatan Latsar Manajemen Penanggulangan Bencana, lagi-lagi karena keterbatasan anggaran maka Diklat ini dilaksanakan secara E-learning melalui aplikasi zoom dengan Narasumber Widyaiswara BPSDM Sumbar.

Semoga dengan semangat untuk memberikan pengetahuan kepada aparatur mengenai Penanggulangan bencana ini, BPSDM Provinsi Sumatera Barat memperoleh Akreditasi sebagai tempat pelatihan dan Pendidikan Penanggulangan Bencana dari Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB.

.

Menu Website

Social Links