Pelatihan Perencanaan Kontijensi Penanggulangan Bencana 2021

By: admin BPSDM 7 hari yang lalu 19 ...

Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB bekerjasama dengan BPSDM dan BPBD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 melaksanakan kegiatan Pelatihan Perencanaan Kontijensi Penanggulangan Bencana (Renkon PB) selama 5 hari (11 s/d 15 Oktober 2021) bertempat di Pangeran Beach Hotel Padang Jl.IrH.Juanda No.79 Padang Utara, Padang Sumatera Barat.

Dalam laporan panitia yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Fitriyati, Pemandu Diklat Pusdiklat PB BNPB maksud diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan bagi peserta dibidang kedaruratan bencana dan Pelatih Diklat Dasar Manajemen Bencana dengan peserta berjumlah 40 orang berasal dari BPBD Provinsi/Kab/Kota di Sumatera Barat, BPSDM, Dinkes, Disdukcapil, Dinsos, Dinas Binamarga Ciptakarya Tataruang, Bappeda Prov.Sumbar, Pusat Studi Bencana UNAND, UNP, UBH, PWI, LSM –Forum Pengurangan Risiko Bencana, Korem 032, Polda Sumbar. Adapun narasumber pelatihan ini berasal dari Pusdiklat BNPB, BPSDM Prov. Sumbar, BPBD Prov. Sumbar, Kogami, Praktisi dll.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy. Audy mengharapkan agar peserta mempunyai komitmen yang kuat dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini untuk dapat meningkatkan kapasitas dalam menangani bencana di tanah air. Sebagaimana diketahui Sumatera Barat gudangnya bencana untuk itu perlu ditingkatkan sumberdaya internal kita supaya cepat tanggap dalam menghadapi kebencanaan yang terjadi di sumbar ini. Pemprov Sumbar sudah mengeluarkan surat Gubernur agar waspada disetiap kab/kota sampai akhir 2021 ini karena curah hujan yg tinggi dan masyarakat juga harus waspada terutama di daerah aliran sungai dan rawan longsor di perbukitan dan pegunungan. Sumatera Barat juga ditunjuk oleh BNPB  menjadi pusat regional BNPB untuk wilayah pulau sumatera, dan sudah kita di sediakan lahannya .

              Untuk tetap menjaga keamanan pelaksanaan kegiatan tatap muka pada pelatihan ini, Panitia dan pihak hotel menerapkan protokol Covid-19 dengan ketat, dimana setiap peserta dan panitia dilakukan rapid test terlebih dahulu, selalu menggunakan masker, dan menjaga jarak, juga disediakan hand sanitazier dan tempat cuci tangan. Semoga kegiatan pelatihan ini berjalan lancar, aman dan Sumatera Barat siap dalam menghadapi bencana. Salam Tangguh.

.

Menu Website

Social Links