Webinar Kamis Belajar (misBela) BPSDM Prov. Sumbar hadir setiap hari Kamis

By: admin BPSDM 05 Juli 2023 17:05:48 WIB 1,582 ...

Webinar misBela BPSDM Prov.Sumbar hadir setiap Kamis diikuti oleh lebih 1000 peserta Aparatur Pemerintah Prov.Sumbar

Kamis Belajar atau lebih dikenal dengan "misBela" adalah salah satu inovasi dalam bentuk webinar pembelajaran secara e_learning yang diinisiasi oleh BPSDM Provinsi Sumatera Barat, untuk memenuhi hak ASN dalam mendapatkan pendidikan dam pelatihan minimal 20 Jam Pelajaran dalam setahun sesuai amanat Undang Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN,  bahwa setiap ASN memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pengembangan kompetensi. Ditengah keterbatasan anggaran untuk penyelenggaraan pelatihan secara klasikal misBela diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan pengembangan kompetensi Aparatur pemerintahan Prov.Sumatera Barat.

Kamis Belajar "misBela" dilaksanakan dengan adanya Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat No.29 Tahun 2023 tanggal 30 Maret 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sumatera Barat Belajar yang dilaksanakan secara daring setiap minggu pada hari Kamis mulai jam 8 sd. 10 WIB.

Webinar Kamis Belajar "misBela" BPSDM Provinsi Sumatera Barat untuk yang ke 6 kalinya hadir pada hari Kamis (8/6/23) di hadapan ASN Prov.Sumbar dengan narasumber Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bapak Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt., M.Sc., M.M., IPM, Asean Eng, dengan thema "Mewujudkan Birokrasi Berkelas Dunia melalui SMART ASN".

Alhamdulillah webinar misBela seri 6 ini dengan dipandu oleh moderator Wenni Noferianti, SE.M.Si, Widyaiswara ahli madya pada BPSDM Prov.Sumbar berjalan dengan baik dan lancar.  Participant yang bergabung mencapai 1000 orang melalui zoom dan lebih kurang 500 orang mengikuti melalui youtube BPSDM Sumbar Channel. 

Kepala BPSDM Prov.Sumbar, Ibu Dr.Desniarti,MM pada sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Wagub karena berkenan hadir sebagai narasumber misBela ditengah kesibukan beliau yang luar biasa serta menyampaikan misBela diupayakan akan selalu hadir dengan mengangkat thema yang sesuai dengan kompetensi yg dibutuhkan ASN yaitu kompetensi teknis, manajerial dan sosio cultural.

Narasumber Wagub Bpk.Dr. Ir.Audy Joinaldy, SPt, M.Sc.,IPM, M.M, Asean Eng.,
mengapresiasi adanya inovasi misBela oleh BPSDM Prov.Sumbar, karena dengan adanya misBela setiap minggu ASN bisa mengupdate ilmunya masing2 dengan materi materi yg disampaikan oleh narasumber ysng kompeten dibidangnya serta mendapatkan e_sertifikat. Mengawali paparannya beliau membahas tentang Disruption Era pada revolusi industri 4.0 terjadi penggerusan beberapa jenis profesi yang bersifat rutin dan keahlian rendah karena sudah terotomatisasi dan dapat digantikan oleh mesin.
Untuk itu agar tidak tergerus  dituntut untuk berinovasi, kemampuan literasi, kolaborasi dan kecepatan tinggi dalam berbagai hal. Beliau menghimbau termasuk profesi ASN harus berubah memiliki high skill dibidangnya, memberikan pelayanan yang cepat akurat dan juga fleksibel.

Memasuki bulan ketiga setelah dilaunching oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi pada tanggal 6 April 23 yang lalu, misBela diminati dan mendapat respon yang luar biasa oleh ASN pada OPD Prov.Sumbar maupun ASN kabupaten/kota di Prov.Sumbar. misBela sejak awal di launching terutama menyajikan materi terkait core value ASN BerAKHLAK dalam rangka internalisasi nilai nilai dasar yang harus dipedomani oleh seluruh ASN baik ditingkat pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota setelah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021.

.

Menu Website

Social Links